Saturday, October 20, 2012

Tugas Pemrograman Visual 2



Latihan 1 Varibel Constanta Type Data

Soal & Jawaban
a. Apa yang menyebabkan program eror pada btalamat1_Click baris program alamat = “Kuningan”?
Jawab
Yang menyebabkan eror pada btalamat1_click yaitu belum adanya konstanta atau pengenal yang digunakan untuk menyimpan data dan nilainya tidak dapat berubah ubah pada saat program dijalankan.
Kode yang error / salah :
 Kode yang benar

 b.  Kenapa saat ditekan tombol nama1 dan nama2 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedangkan saat ditekan tombol alamat1 dan alamat2 alamat yang ditampilkan pada textbox alamat sama?
Jawab
Karena pada kedua konstanta yang ada pada kode program hanya satu alamat yaitu kuningan. Solusinya adalah mengganti salah satu kode program, karena pada alamat1 sudah ada “kuningan” maka  yang dirubah pada kode program yang berada di  Public Class frmsatu,  alamatnya diganti menjadi misalkan “Banyumas”.
Sebelum dirubah
Sesudah dirubah

 c.     Kenapa saat ditekan tombol tambah umur 1 umur selalu keluar angka 1 sedangkan saat ditekan tombol tambah umur 2 umur selalu bertambah 1 dari umur sebelumnya?
Jawab
Karena kode program pada tombol tambah umur1 yaitu
Dim Umur As Integer
Umur += 1
TxtUmur.Text = Umur
Jika menggunakan Dim/variabel lokal maka data Hanya dikenal di tempat variabel tersebut dipesan dan pada saat di klick maka angka yang muncul adalah 1 sesuai dengan pemesanan umur += 1 ,  jika di klick kembali angka yang sebelumnya akan hilang dan muncul angka yang sudah di pesan di awal program.
Sedangkan kode program pada tombol tambah umur2 yaitu
Static umur As Integer
       umur += 1
       txtumur.Text = umur
Jika menggunakan Static nilainya tidak akan hilang selam program dijalankan dan pada saat diclick maka akan muncul angka 1 sesuai dengan pemesanan umur += 1, jika di click kembali  maka angka yang tadi muncul tidak hilang dan akan ditambahkan 1 lagi dan seterusnya jika diklick kembali.

d.      Berikan analisa anda untuk form dua?
Jawab
Form Dua di munculkan melalui Form Satu, berikut kode programnya :
Sedangkan kode-kode program pada Form Dua di tuliskan di Module yang berfungsi Untuk memanggil beberapa function yang ada dalam module tersebut  dan function tersebut sifatnya public yang artinya semua form dapat menggunkan function yang ada pada mudule tersebut.
Berikut kode programnya :
 
 Berikut adalah listing programnya :
 

Tampilan programnya :


LATIHAN 2 If dan Case
Pada kode program terdapat kesalahan di dalam combobox, pada penulisan kode program di bagian Case Else yang bertulis seprti ini :
 
 Seharusnya namabarang diisi barang  terakhir yaitu namabarang = “TAS” dan harganya diisi terserah, misalnya say tuliskan harga = 75000
Jadi kode programnya seharusnya seperti di bawah ini :
 
  Ada kesalahan lagi namun tidak fatal yaitu kode program pada tombol clear 
 
Jika menggunakan kode program yang dari dosen maka kita akan membersihkan data/text kita harus meng-click 2 kali pada tombol clear, jadi untuk membenarkan kode program saya tambahkan  TxtDiskon.Clear()” & “TxtBayar.Clear()” sebelum “CmKode.Clear()”
Berikut gambar kode program setelah diperbaiki :
 Tampilan awal pada program diatas
 
 Tampian setelah anda mengisi & memilih cara belinya :


Sekian anlisa dari saya
Terima Kasih........ 

0 komentar:

Post a Comment